Beranda > Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyyah > Madrasah Diniyah Takmiliyah Mutiara Sahid

Madrasah Diniyah Takmiliyah Mutiara Sahid


MADRASAH DINIYAH

 

 

Wisuda Angkatan I MDT Mutiara Sahid

A. LATAR BELAKANG

Madrasah Diniyah didirikan semata-mata untuk ibadah, berdasarkan kebutuhan masyarakat kota yang terus berkembang, khususnya dalam memperoleh pengetahuan agama Islam. Madrasah diniyah Yayasan Mutiara Sahid yang berdomisili di Jl. H. Mad No. 38 Jati Pulogadung Jakarta ini telah direalisasikan pada tahun 2005 sebagai kelanjutan dari siswa-siswi Taman Pendidikan Al-Qur’an yang telah diwisuda dan tidak memperoleh fasilitas pendidikan agama Islam. Untuk periode pertama terdapat 25 orang siswa yang melanjutkan ke tingkat Madrasah Diniyah Mutiara Sahid. Saat ini jumlah siswanya telah mencapai 75 orang.

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dulu bernama madrasah Diniyah Awaliyah. Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki ciri tersendiri peranan Madrasah Diniyah semakin penting, terutama dalam usaha memberi tambahan pendidikan dan pengajaran agama bagi anak-anak yang kurang mendapatkan pendidikan agama di sekolah-sekolah umum. Hal tersebut juga didasarkan pada kesadaran masyarakat bahwa perlu ditingkatkan pembinaan pendidikan agama melalui sistem penyajian yang baik dengan memanfaatkan waktu yang tersedia secara optimal dan terencana.

Secara historis Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan pesantren yang sudah berakar sejak lama. Kalau dahulu pesantren atau madrasah diniyah identik dengan kampung dan desa, justru saat ini berbeda. Keberadaan Madrasah Diniyah di lingkungan perkotaan justru menjadi kebutuhan masyarakat kota yang sadar bahwa sisdiknas belum cukup mengakomodasi kebutuhan pendidikan agama anak-anak mereka, ditambah lagi bahwa mereka sadar kehidupan perkotaan penuh dengan tantangan dan ancaman terhadap moral anak bangsa. 

 

B. TUJUAN

Madrasah Diniyah ini didirikan untuk memenuhi hasrat orang tua agar anak-anak didik lebih banyak mendapatkan pendidikan agama Islam.

Adapun tujuan khusus Diniyah ialah: 1). Agar anak cinta terhadap Agama Islam dan berkeinginan untuk melakukan ibadah shalat dan ibadah lainnya. 2). Memiliki pengetahuan dasar tentang Agama Islam 3). Memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa Arab sebagai alat untuk memahami ajaran Islam. 4). Dapat mengamalkan ajaran Islam.

C. KURIKULUM

Pelajaran yang disajikan pada madrasah Diniyah Awaliyah sesuai dengan pasal 8 peraturan menteri agama Nomor 3 tahun 1983 ialah: Al-Qur’an. Hadits, Terjemah, Tajwid, Aqidah akhlak, Ibadah syari’ah, Tarikh Islam, Bahasa Arab, Praktek Ibadah,

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: