Beranda > Taman Pendidikan Al-Qur'an > Taman Pendidikan Al-Qur’an

Taman Pendidikan Al-Qur’an


TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN

Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan bagian integral dari pembangunan negara bangsa. Partisipasi Pendidikan dan pemberantasan buta huruf aksara dan buta huruf al-Qur’an merupakan kewajiban pemerintah dan masyarakat yang harus digalakkan untuk mencapai cita-cita nasional yang diidam-idamkan oleh setiap komponen bangsa. Maka sudah sewajarnya bila pemerintah melalui Departemen Agama dan Departemen Dalam Negeri mengeluarkan Surat Keputusan Bersama No. 128 TAHUN 1982/44 A TAHUN 1982 tentang USAHA PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL QURÃN BAGI UMAT ISLAM DALAM RANGKA PENINGKATAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN AL QURÃN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Tugas mulia tersebut kemudian dilanjutkan dengan Instruksi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) No. 02/Tahun 1989.

Peran serta pemerintah yang peduli membangun pengembangan program pemberantasan buta huruf al-Qur’an sepatutnya membangun sinergi dengan sentra-sentra pendidikan di masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan informal semacam itu. Dalam konteks tersebut kehadiran TPA MUSA sebagai lembaga pendidikan informal, memberikan manfaat besar bagi masyarakat di sekitarnya yang menyadari bahwa agama adalah tema sentral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itulah jajaran pengurus TPA MUSA merasa ikut terpanggil untuk berkiprah langsung kepada kegiatan pemberdayaan umat dan pencerahan batin masyarakat melalui serangkaian kegiatan secara terorganisir dan terpadu dengan melibatkan berbagai potensi masyarakat, untuk mengentaskan masalah-masalah tersebut. Dengan mengembangkan program-program keagamaan yang terpadu dan sistematis maka dapat dipastikan bahwa pembentukan masyarakat madani yang beradab dan berkeadilan akan tercipta, insya Allah, aamien.

About these ads
  1. Agustus 21, 2010 pukul 5:45 am | #1

    Selamat berjuang, Saudaraku, semoga menjadi amal shalih yang membahagiakan bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat.

    Salam kenal…

    • April 7, 2011 pukul 1:23 pm | #2

      Terima Kasih Sobat, sesungguhnya kewajiban kita semua untuk memberantas buta aksara al-qur’an di bumi Indonesia.

    • April 7, 2011 pukul 1:26 pm | #3

      Salam hangat sahabat

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: